-->
  • Jelajahi

    Copyright © IDN INFO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Tanam Padi Maju yang Tak Biasa Sempat Bikin Heboh, Puan Maharani Ceritakan di Baliknya

    14/01/2023, Sabtu, Januari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-01-14T01:57:17Z

     

    Puan Maharani, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDI-P) menjelaskan aksi menanam padi dengan cara maju yang dilakukannya saat berkunjung ke Desa Adat Sedang, Abiansamel, Kabupaten Badung, Bali pada Rabu (28/9/2022). Aksi ini sempat menjadi sorotan dan membuat heboh di media sosial. Ia melakukan aksi ini untuk menunjukkan cara menanam padi yang modern dan efektif.

    Netizen menyoroti aksi Puan karena dianggap tak lazim, tetapi Puan menjelaskan bahwa metode yang dilakukannya adalah cara yang diajarkan oleh para petani Badung yang sudah menerapkannya.

    "Sesuai dengan apa yang dilakukan oleh ibu-ibu petani, Puan mengikuti metode yang sudah teruji dan terbukti efektif. Bukan dengan mencoba metode baru yang belum teruji, Puan lebih memilih untuk mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh para ibu-ibu petani," 

    kata Puan dalam acara Rosi di Kompas TV, dikutip Jumat (13/1/2023).

    Walaupun belum banyak tempat yang menerapkan metode menanam bibit padi dengan cara maju, para petani di Badung sudah terbiasa melakukannya. Puan menyatakan bahwa cara ini memiliki kelebihan, yaitu dapat membuat bibit padi tumbuh lebih cepat.

    Puan menyatakan bahwa

    "metode baru yang dapat mempercepat proses penanaman bibit tanin oleh petani di beberapa tempat. Kelebihannya adalah karena cara tersebut lebih spesifik dibandingkan metode lain. Namun, perlu diingat bahwa metode ini belum berlaku di semua tempat."

    "Ada nama alatnya lupa, yang di depan saya itu kelihatannya bahwa nanamnya itu di satu tempat yang ditunjukkin,"

    Ucap ibuk puan di acara terseeebut.

    Puan tidak asal menanam maju, tetapi ia melakukannya dengan cara yang benar yang diajarkan oleh para petani saat berkunjung ke Badung beberapa waktu lalu. Ia bahkan terkejut dengan metode tersebut karena berbeda dengan cara-cara pada umumnya.

    "Saya juga nanya, ini memang nanamnya begini?, 'ya mba, cara nanamnya begini'. Ya saya ikutin lah ibu-ibu petani, masa saya ngajarin ibu petani, kan yang lebih pintar ibu petani kalau nanam padi," 

    Jawab Puan.


    "Jadi enggak ngarang, ini enggak ngarang-ngarang, bukan saya yang nanam maju, saya ikuti ibu-ibu petani," 

    Ucap puan MHR.

    "Cara menanam padi yang biasa dilakukan dengan berjalan mundur, di Desa Sedang kami melakukannya dengan berjalan maju. Ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi kerusakan tanah," 

    ungkap Puan di akun Instagram miliknya.

    Ia juga menambahkan bahwa cara ini sudah diterapkan sejak lama dan telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil panen. Petani yang turut dalam acara pun terkesan dengan cara ini dan berencana untuk mencoba menerapkannya di persawahan mereka masing-masing.

    Melalui cara tanam maju yang unik ini, Puan dan petani di Desa Sedang berharap dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi kerusakan tanah, sekaligus meningkatkan hasil panen padi.

    "Saya baru tahu pera petani di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali menanam dengan cara berbeda. Di sini arena tanam padi dibentuk segi empat, yang di tengah kotaknya harus diinjak. Tingkat basah lahan juga berbeda, dan makin ke depan ternyata tanahnya semakin dalam," 

    pungkas Puan MhR.**

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +