-->
  • Jelajahi

    Copyright © IDN INFO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    ChatGPT Ancaman Baru Bagi Bisnis Teknologi Besar Google, Apple, dan Baidu, Bersaing Untuk Menyainginya

    05/02/2023, Minggu, Februari 05, 2023 WIB Last Updated 2023-02-06T10:12:55Z

     IDN INFO: Perusahaan teknologi besar mulai menganggap chatbot AI ChatGPT sebagai ancaman bagi bisnis mereka. Google, Apple, dan Baidu sedang bersaing untuk mengembangkan layanan sejenis dengan ChatGPT.


    Google harus lebih waspada karena ChatGPT menawarkan layanan yang serupa dan lebih akurat daripada mesin pencari Google. Baru-baru ini, Google mengembangkan bot Apprentice Bard yang berbasis AI untuk menantang ChatGPT.


    Sebelumnya, CEO Google Sundar Pichai telah menyatakan bahwa perusahaan sedang dalam "kondisi merah" yang berarti perusahaan harus waspada dan fokus pada tindakan ChatGPT. Google juga meningkatkan pengembangan AI dan akan memperkenalkan 20 produk AI pada tahun ini.


    Salah satu produk AI terbaru dari Google adalah chatbot Apprentice Bard yang menggunakan teknologi percakapan Google LaMDA. Apprentice Bard berfungsi seperti ChatGPT, di mana pengguna dapat mengetik pertanyaan atau permintaan dan mendapatkan tanggapan tertulis.


    Apprentice Bard juga mampu memberikan informasi terbaru, yang tidak mampu dilakukan oleh ChatGPT karena ChatGPT hanya memiliki pengetahuan terbatas tentang apa pun yang terjadi setelah 2021.


    Ketika ditanya apakah akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) lagi di Google, Apprentice Bard menjawab "Tidak mungkin ada PHK pada tahun ini, mengingat perusahaan sedang berjalan dengan baik secara finansial."


    ChatGPT Ancaman Baru Bagi Bisnis Teknologi Besar Google, Apple, dan Baidu, Bersaing Untuk Menyainginya


    Bing ChatGPT

    Rumor menyebut bahwa Bing akan menjadi alternatif bagi pengguna untuk mengakses ChatGPT secara gratis. Saat ini, memang ChatGPT dapat digunakan tanpa biaya. Namun, harus diingat bahwa biaya untuk menjalankan ChatGPT cukup tinggi, sekitar 1,4 miliar rupiah per hari.


    Oleh karena itu, OpenAI, sebagai pembuat OpenGPT, sudah merasa khawatir bahwa mereka akan mengenakan biaya pada penggunaan ChatGPT suatu saat nanti. Ini adalah peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Microsoft melalui Bing. Jika pengguna tetap ingin mengakses ChatGPT secara gratis, maka Bing adalah pilihannya.


    Kapan Integrasi ChatGPT di Bing?

    Menurut The Information, Microsoft berniat untuk meluncurkan gabungan Bing dan ChatGPT sebelum Maret 2023. Walau demikian, Microsoft menegaskan bahwa Bing masih akan menggunakan algoritma pencarian yang sudah biasa digunakan. Hal ini dikarenakan ChatGPT tidak dibuat untuk mencari informasi secara terus-menerus seperti mesin pencari. Jawaban yang diberikan ChatGPT lebih mengacu pada informasi umum yang diambil pada waktu tertentu; bukan informasi real-time seperti mesin pencari Bing atau Google Search.

    Tidak tanpa alasan Microsoft memiliki hubungan khusus dengan OpenAI dan ChatGPT. Pada tahun 2019, Microsoft melakukan investasi sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp.16 triliun ke OpenAI. Sebagian dari investasi tersebut berupa kredit bagi engineer OpenAI untuk menggunakan Azure, infrastruktur cloud Microsoft. Jadi, bisa dikatakan bahwa ChatGPT dibangun di atas platform Microsoft Azure.

    Microsoft juga sudah mengintegrasikan teknologi OpenAI ke dalam produknya. Contohnya, kemampuan pencarian otomatis di Bing yang dibangun berdasarkan algoritma GPT. Microsoft juga sudah mengintegrasikan Dall-E 2 (algoritma untuk membuat gambar yang realistis menggunakan Artificial Intelligence) ke dalam Bing Image Creator.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +