-->
  • Jelajahi

    Copyright © IDN INFO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy' memiliki 49 jimat emas dan batu mulia, tinggi 128 cm, gigi dan lidah emas, dan status sosial tinggi

    05/03/2023, Minggu, Maret 05, 2023 WIB Last Updated 2023-03-04T23:43:53Z

    IDN INFO - Kehadiran mumi Mesir Kuno yang dikenal sebagai 'Golden Boy' baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Seiring dengan teknologi pemindaian terbaru, penelitian terbaru berhasil mengungkap rahasia yang terkandung di dalam tubuh mumi seorang remaja yang dulunya memiliki strata sosial yang cukup tinggi.


    Baru-baru ini, mumi Mesir Kuno bernama 'Golden Boy' menjadi perbincangan hangat. Teknologi pemindaian terbaru mengungkap rahasia dalam tubuhnya. Dia memiliki 49 jimat emas, berlian, dan batu mulia yang dipasang di tubuhnya. Dari penelitian diketahui dia adalah remaja laki-laki yang berasal dari keluarga kaya dan memiliki tinggi 128 sentimeter. Tidak hanya itu, kondisi giginya juga sangat baik dan tidak ada tanda-tanda gigi berlubang, tanggal gigi, atau penyakit. Penemuan menarik lainnya adalah adanya lidah emas di dalam mulutnya yang diyakini dapat membantu berbicara dengan para dewa di akhirat.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    Namun, perlu dicatat bahwa proses mumifikasi atau pengawetan mayat dilakukan untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan mempertahankan bentuk aslinya. Lalu, apa saja hasil temuan menarik dari penelitian mumi Golden Boy ini? Yuk, kita simak selengkapnya!

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    1. Dapat dilihat dari namanya, Golden Boy memiliki 49 jimat yang dilapisi dengan emas, berlian, dan batu-batu mulia yang dipasang di beberapa bagian tubuhnya, termasuk di dalam mulut.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    2. Saat ditemukan, Golden Boy dilengkapi dengan topeng kepala berlapis emas dan pelat dada. Kemudian, ia diletakkan di dalam dua peti mati yang masing-masing bertuliskan bahasa Yunani dan sarkofagus kayu yang menjadi tempat terakhirnya.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    3. Setelah terkubur selama bertahun-tahun di dalam ruang bawah tanah Museum Mesir di Kairo, akhirnya wujud dari mumi anak firaun ini terungkap melalui sebuah teknologi pemindaian terbaru yang dilaporkan oleh IFL Science.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    4. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh para arkeolog, mereka menggunakan CT scan (Computerized Tomography) untuk mempelajari mumi yang disebut Golden Boy.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    5. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa mumi ini adalah seorang remaja laki-laki yang berasal dari Mesir kuno sekitar 2.300 tahun yang lalu, dan memiliki status sosial ekonomi yang sangat tinggi.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    6. Selain itu, dari jimat-jimat yang ditemukan pada mumi tersebut, ternyata mewakili tiap-tiap elemen kepercayaan orang Mesir kuno. Misalnya, adanya lidah emas yang terletak di dalam mulut mumi, yang diyakini dapat membantu Golden Boy untuk berbicara dengan para dewa di akhirat. Wah, sungguh menarik dan sangat keren ya!

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    7. Tidak hanya harta kekayaan yang menunjukkan kalau Golden Boy berasal dari keluarga kaya, tetapi kondisi giginya juga sangat baik dan tidak ada tanda-tanda gigi berlubang, tanggal gigi, atau penyakit.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    8. Berdasarkan penelitian, tingginya mencapai sekitar 128 sentimeter (4 kaki 2 inci). Dengan melihat tingkat fusi tulang dan gigi bungsu yang belum tumbuh, para peneliti percaya bahwa usianya tidak lebih dari 15 tahun.

    Mumi Mesir Kuno 'Golden Boy


    9. Seperti yang dilakukan dalam teknik mumifikasi Mesir kuno, otaknya telah dikeluarkan melalui hidung dan tengkoraknya diisi dengan resin. Semua organ vitalnya telah diangkat melalui sayatan, kecuali jantungnya yang dibiarkan di dadanya.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +