-->
  • Jelajahi

    Copyright © IDN INFO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Huawei Gugat Xiaomi Terkait Pelanggaran Paten Teknologi 4G, Kamera, dan Lockscreen

    05/03/2023, Minggu, Maret 05, 2023 WIB Last Updated 2023-03-05T01:29:23Z
    Huawei Gugat Xiaomi Terkait Pelanggaran Pate


    IDN INFO - Huawei dikenal sebagai perusahaan yang memiliki banyak paten teknologi untuk berbagai perangkat smartphone. Saat ini, perusahaan asal China tersebut menggugat Xiaomi karena dianggap telah menggunakan beberapa paten Huawei secara ilegal dalam ponsel Xiaomi.


    Huawei menggugat Xiaomi karena menggunakan beberapa patennya secara ilegal, termasuk teknologi penerimaan sinyal, kamera, dan lockscreen. Xiaomi sedang bernegosiasi dengan Huawei.


    Kantor Paten China (China National Intellectual Property Administration/CNIPA) menyampaikan informasi tersebut. Menurut CNIPA, mereka telah menerima dan menyetujui dokumen tuntutan dari Huawei pada 17 Januari 2023 lalu terkait empat teknologi dan paten yang diduga dipakai Xiaomi secara ilegal, yaitu:


    1. Paten terkait metode dan perangkat untuk proses control signalling.

    2. Paten terkait metode untuk memberikan informasi ketika ponsel mendapatkan atau tidak mendapatkan sinyal seluler.

    3. Paten terkait metode pengambilan foto panorama.

    4. Paten terkait metode kunci layar (lockscreen) ponsel.

    Secara sederhana, paten pertama dan kedua di atas berkaitan dengan teknologi atau metode penerimaan dan pengiriman sinyal 4G di ponsel, sedangkan paten ketiga berkaitan dengan kamera, dan paten keempat berkaitan dengan teknologi lockscreen ponsel.


    Pelanggaran paten terkait teknologi 4G dikategorikan sebagai paten umum (Standard Essential Patents (SEP)), sedangkan pelanggaran paten seputar kamera dan lockscreen dikategorikan sebagai paten spesifik (non-SEP).


    Huawei belum mengeluarkan keterangan mengenai pelanggaran paten oleh Xiaomi. Akan tetapi, Xiaomi kabarnya sudah mengeluarkan pernyataan kepada masyarakat.


    Seperti yang telah dijelaskan oleh Gizchina pada hari Jumat (3/3/2023), Xiaomi menyatakan bahwa mereka sedang dalam proses diskusi dengan Huawei mengenai masalah lisensi paten-paten yang telah disebutkan.


    Xiaomi berpendapat bahwa kedua perusahaan ini percaya bahwa penggunaan paten atau teknologi dari perusahaan lain melalui pembelian lisensi yang sah merupakan salah satu strategi agar perusahaan teknologi dapat terus maju dan berinovasi.


    Xiaomi juga menyatakan bahwa mereka sedang bernegosiasi dengan Huawei agar kedua perusahaan teknologi asal China tersebut dapat mencapai kesepakatan terkait penggunaan lisensi ilegal yang telah mencapai CNIPA.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +