-->
  • Jelajahi

    Copyright © IDN INFO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Apa itu Depresi Penyebab dan Apa saja gejala Depresi

    26/12/2022, Senin, Desember 26, 2022 WIB Last Updated 2023-01-01T15:56:15Z

     


    Apa itu Depresi ?

    Depresi adalah penyakit mental dan mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

    Depresi adalah penyakit mental yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia dan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Itu dapat menyebabkan perasaan sedih, putus asa, tidak berdaya, dan tidak berharga. Depresi juga dapat menyebabkan gejala fisik seperti kelelahan, sakit kepala, dan sulit tidur. Kebanyakan orang dengan depresi akan mengalami gejala ini setidaknya dua minggu sebelum mereka didiagnosis menderita gangguan tersebut.

    Apa Penyebab Depresi ?

    Penyebab Depresi. Ada banyak faktor risiko untuk depresi klinis. Mereka termasuk genetika, kimia otak, keadaan hidup seperti trauma atau korban pelecehan, dan penyakit lainnya.

    Depresi adalah kondisi serius yang dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan fisik bagi pengidapnya. Beberapa orang merasa sulit untuk bekerja atau belajar karena gejala depresi. Jika Anda mengkhawatirkan diri sendiri atau, seseorang yang Anda kenal terkena depresi, penting untuk mendapatkan bantuan dari profesional kesehatan yang berkualifikasi sesegera mungkin.

    Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menunjukkan gejala-gejala berikut, Itu penting bagi Anda untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin

    Apa saja gejala Depresi ?

    Gejala Depresi. Ada banyak gejala yang dapat dialami oleh penderita depresi, namun yang paling umum dialami penderita depresi antara lain: 

    • merasa sedih atau hampa hampir sepanjang waktu (bahkan selama aktivitas yang menyenangkan) 

    • merasa buruk tentang diri mereka sendiri dan terus-menerus berpikir bahwa mereka tidak cukup baik 

    • Sulit berkonsentrasi

    • Merasa bersalah atau tidak berharga

    • Kehilangan minat pada aktivitas yang pernah dinikmati

    • Tidur terlalu banyak atau tidak sama sekali

    • Pikiran berulang tentang kematian atau bunuh diri

    • kesulitan mengingat hal-hal yang telah terjadi baru-baru ini, atau bahkan beberapa hari atau minggu sebelumnya perasaan ini 

    • merasa putus asa dan tidak berdaya dalam situasi apa pun terlepas dari seberapa besar kendali mereka lebih dari itu Kecemasan bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terpapar peristiwa traumatis. Ini juga dapat disebabkan oleh penyebab fisik atau psikologis. 

    Hal ini ditandai dengan terus-menerus merasa khawatir dan tegang, sulit berkonsentrasi dan/atau rileks, serta mudah tersinggung.

    Beberapa Tips Menolong Seseorang yang Depresi 

    1. Bersabarlah. Sulit bagi orang yang depresi untuk melihat hal-hal baik dalam hidup, dan butuh waktu bagi mereka untuk melakukannya. 

    2. Jangan pernah memberi tahu orang yang depresi bahwa mereka tidak berusaha cukup keras karena depresi adalah penyakit, bukan cacat karakter. 

    3. Jika Anda tidak tahu cara membantu teman Anda yang depresi, hubungi seseorang yang tahu.

    4. Jika Anda mempunyai teman yang mengalami depresi, bicaralah dengan-nya,dengarkan tanpa menghakimi mereka. 

    5. Jangan biarkan depresi Anda mengendalikan hidup Anda - hari-hari tertentu lebih baik daripada yang lain; tidak apa-apa untuk menerimanya dan melanjutkan dari waktu ke waktu. 

    6. Cari dukungan profesional kesehatan mental jika depresi berlangsung lebih dari dua minggu atau semakin parah.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +