-->
  • Jelajahi

    Copyright © IDN INFO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Apa itu Solstis, Penyebab Solstis dan Dampak Solstis jangan sampai salah paham

    21/12/2022, Rabu, Desember 21, 2022 WIB Last Updated 2023-01-01T06:25:47Z
    Apa itu Solstis, Penyebab Solstis dan Dampak Solstis


    Apa itu Solstis

    Solstis merupakan fenomena murni astronomis yang juga dapat memengaruhi iklim dan musim di Bumi, sedangkan fenomena-fenomena tersebut disebabkan oleh masing-masing dari aktivitas vulkanologis, seismik, oseanik dan hidrometeorologi. Jadi solstis ini tidak berdampak pada bencana alam.

    Penyebab Solstis

    Solstis disebabkan oleh sumbu rotaisi Bumi yang miring 23,44 derajat terhadap bidang tegak lurus ekliptika (sumbu kutub utara-selatan ekliptika).

    Saat Bumi berotasi, juga sekaligus mengorbit Matahari, terkadang Kutub Utara dan Belahan Bumi Utara condong ke Matahari. Sebaliknya Kutub Selatan dan Belahan Bumi Selatan menjauhi Matahari.

    Sebaliknya, terkadang Kutub Selatan dan Belahan Bumi Selatan condong ke Matahari, sementara Kutub Utara dan Belahan Bumi Utara menjauhi Matahari. Inilah kondisi saat Solstis terjadi di bulan Desember.

    Dampak Solstis

    Lebih lanjutnya, dampak solstis yang dirasakan oleh manusia tentu tidak seekstrem yang dinarasikan seperti pada imbauan yang disinformatif.

    "Sekalipun di hari terjadi solstis ini terjadi letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami maupun banjir rob, fenomena-fenomena tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan solstis,"


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +